INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE KELURAHAN SELANG KECAMATAN KEBUMEN KABUPATEN KEBUMEN. Jam Kerja : Senin - Kamis (07.30-16.00), Jum'at (07.30-11.00). Sabtu dan Minggu Libur.

Mahasiswa KKN UNY Melaksanakan Program Kerja di TK Tunas Bangsa

Mahasiswa KKN UNY Melaksanakan Program Kerja di TK Tunas Bangsa

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Yogyakarta yang ditempatkan di kelurahan Selang, kecamatan Kebumen, kabupaten Kebumen melaksanakan salah satu program kerjanya, optimalisasi pada bidang pendidkan yang dilaksanakan di TK Tunas Bangsa. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama lima hari yaitu pada tanggal (22/8), (24/8), (29/8), (31/8), dan (8/9) yang berupa kegiatan pengecatan botol plastik bekas, kegiatan menanam, kegiatan belanja di pasar, pembuatan karya dari tanah liat serta pengecatannya. Dengan didampingi oleh mahasiswa KKN UNY serta para guru, Kegiatan diikuti oleh seluruh siswa TK Tunas Bangsa dengan  antusiasnya dan berjalan lancar.

Kepala TK Tunas Bangsa, Rindu Raras Prilita, menginisiasikan program diantaranya yaitu  mengecat botol, menanam bersama, dan belanja di pasar yang diikuti oleh seluruh siswa TK Tunas Bangsa.

Program pengecatan botol berupa botol plasik bekas kemasan minuman yang bisa dimanfaatkan kembali. Setiap botol dibelah menjadi dua sebelum akhirnya dicat oleh peserta. Pengecatan botol plastik bekas ini ditujukan untuk dijadikan sebagai pot yang akan digunakan pada kegiatan menanam. Melalui kegiatan ini siswa dilatih agar dapat memanfaatkan kembali barang yang sudah tak terpakai. Selain itu, aktifitas semacam ini juga dapat melatih pergerakan motoric halus pada anak dengan berlatih memegang kuas, kemudian mengaplikasikan cat pada botol.

Kegiatan menanam bersama berupa penanaman tumbuhan di botol plastik bekas. Tumbuhan yang ditanam oleh anak-anak yaitu berupa tumbuhan yang seringkali dijumpai dilingkungan sekitar, diantaranya yaitu cabai, tomat, dan terong. Melalui kegiatan ini siswa TK diajarkan pengenalan kegiatan menanam seperti, menyiapkan media tanam dan menanam dalam pot agar anak gemar menanam serta mengenal tumbuhan disekitar.

Kegiatan pada Senin, 29 Agustus 2022 adalah berbelanja di pasar. Siswa Tk Tunas Bangsa yang dipandu oleh ibu-ibu guru serta mahasiswa KKN UNY diantar menuju pasar Kelurahan Selang untuk diarahkan berbelanja beberapa bahan pangan. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan lingkungan sekitar yaitu pasar. Di samping itu, hal ini guna melatih kemampuan komunikasi anak dalam berinteraksi dengan penjual serta melatih anak melakukan kegiatan transaksi jual beli. Hasil dari belanja siswa TK Tunas Bangsa lalu dikumpulkan untuk diolah dan dihidangkan bersama pada kegiatan selajutnya.

Program kegiatan pada tanggal 31 Agustus 2022 berupa pembuatan karya dari tanah liat yang kemudian disusul pengecatan akhir pada 8 September 2022. Kegiatan ini berasal dari inisiasi mahasiswa KKN UNY Kelompok-26232 yang berkonsentrasi pada bidang Pendidkan. Siswa diarahkan untuk membentuk dari tanah liat kemudian setelah kering siswa mewarnai hasil karyanya dengan cat. Hal ini bertujuan untuk melatih perkembangan motorik halus pada anak dengan membentuk tanah liat dan mengoleskan cat menggunakan kuas. Selain itu, anak-anak dilatih untuk kreatif dalam menghasilkan karya sendiri.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2